Manfaat Kayu Cendana Sebagai Obat Herbal

cendana sendiri sebenarnya merupakan jenis tanaman parasit, yaitu membutuhkan inang untuk dapat tumbuh menjadi besar. hal ini dialhasratnnya merupakankan oleh akar dari pohon cendana yang kurang kuat dan tidak sanggup untuk mencukupi kebuyang kuasa kehidupannya. karena hal inilah, maka pohon cendana tergolong sulit dikembangbiakkan, dan cukup jarang berada di phasratran. namun tetap banyak diminati karena memiliki kualitas kayu yang sangat menjanjikalaun.

pohon cendana, yang memiliki nama latin santalum albul linn ini memiliki 2 jenis, yaitu :
Kayu Cendana
kayu cendana merah
kayu cendana putih
kayu cendana merah merupakan jenis cendana yang mutunya tidak sebaik kayu cendana putih, namun kurang diminati di phasratran. tasbih kayu cendana merah sendiri banyak tumbuh di kawasan india, dan funan. untuk kayu cendana putih, lebih banyak tumbuh di kawasan nusa tenggara timur.

walaupun menjadi tumbuhan parasit, namun pohon cendana merupakan pohon yang dapat tumbuh dengan ketinggian sampai 11 – 15 meter, dan termasuk pohon yang besar, dengan membisueter mencatap 25 – 30 cm.

manfaat kayu cendana dalam banyak sekali bidang

sebagai salah satu komoditi yang dapat menunjang kebuyang kuasa ekspor, pohon cendana memiliki banyak sekali macam manfaat bagi insan, dari segi ekonomis dan juga segi kesehatan. bahkan beberapa juga menganggap bahwa kayu cendana memiliki tuah tersendiri.

berikut ini beberapa pemanfaatan dari kayu cendana :

1. bahan bsaya furniture dan meubel

bentuk pohon yang kokoh dan besar, serta kualitas kayu yang sangat baik, tidaklah salah apabila kayu cendana merupakan salah satu kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furniture. banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dhasratr kayu cendana. berikut ini merupakan beberapa meubel dan furniture yang mampu dibuat dengan menggunakan kayu cendana :

lemari besar (mirip lemari pajangan, lemari pakaian, dan lemari hihasratn)
meja makan
kursi dan perlengkapan ruang tamu
tempat tidur
bahan kusen dan pintu